smartphone gaming

Tips Agar Smartphone Gaming Tidak Cepat Panas

Bermain game melalui smartphone sudah banyak dilakukan terlebih karena makin maraknya game mobile yang bisa dimainkan di mana saja. Namun daya tahan smartphone dikenal kurang baik dari segi baterai sehingga terkadang membuat smartphone menjadi cepat panas. Ada beberapa faktor yang menyebabkan smartphone cepat panas dan tentunya akan mengganggu kenyamanan saat bermain. Berikut ini adalah tips mencegah smartphone cepat panas saat bermain game.

Tips Bermain Game dengan Smartphone Agar Tidak Cepat Panas

1. Koneksi Harus Dalam Kondisi yang Baik

Jika Anda memainkan game online tentu harus memiliki koneksi internet yang baik. Pengalaman bermain game online dengan sinyal yang tidak stabil akan membuat smartphone bekerja keras, sehingga membuat baterai menjadi boros dan panas. Pastikan Anda berada di tempat yang kondisinya sinyal bagus, serta gunakan operator layanan internet yang mendukung di wilayah tersebut.

2. Mematikan Aplikasi Berjalan Saat Bermain Game

Anda mungkin tidak menyadari bahwa ada beberapa aplikasi yang tetap berjalan walau sudah kita tutup. Aplikasi tersebut tetap akan menggunakan RAM pada smartphone Anda, sehingga pengalaman bermain game bisa terganggu. Tutuplah aplikasi tersebut melalui tab settings, lalu menuju application manager, dan running. Dari sana Anda bisa memaksa aplikasi yang tetap berjalan tadi untuk berhenti.

3. Periksa Koneksi WiFI, Bluetooth, dan GPS

Fitur WiFi, Bluetooth, serta GPS bisa dikatakan penting bagi kebutuhan smartphone saat ini. Namun jika tidak menggunakan Bluetooth atau GPS ada baiknya fitur tadi di non aktifkan. Hal ini bertujuan agar pengalaman bermain game bisa lebih baik. Karena jika fitur tadi masih tetap menyala akan membuat baterai lebih cepat boros dan smartphone menjadi panas.

4. Mematikan Koneksi Internet Saat Bermain Game Offline

Tidak menggunakan internet saat bermain game offline adalah pilihan yang tepat. Permainan dalam smartphone tersebut akan lancar, baterai tidak boros, serta tidak cepat panas. Selain itu ada beberapa game offline yang menyisipkan iklan di dalam game tersebut. Jika kita mematikan internet maka iklan yang mengganggu tersebut tidak akan muncul.

5. Spesifikasi Smartphone Harus Mumpuni

Tidak sedikit dari orang-orang yang memainkan game dengan grafis berat padahal spesifikasi smartphone kurang mumpuni. Hal ini justru membuat smartphone bekerja lebih keras, akibatnya smartphone akan cepat panas dan boros baterai. Jika tetap dipaksakan untuk bermain game bisa saja smartphone tersebut menjadi rusak dan tidak dapat digunakan lagi.

6. Mengurangi Kontras Layar

Jika Anda bermain game dengan kontras layar yang terlalu cerah hal itu juga bisa menjadi penyebab smartphone menjadi cepat panas. Kinerja android juga sangat dipengaruhi oleh kecerahan layar, untuk itu kurangilah kecerahan layar sesuai dengan yang dibutuhkan. Hal ini bisa juga mencegah agar terhindar dari gangguan kesehatan pada mata.

7. Menggunakan Aplikasi Pendingin Android

Ada banyak aplikasi yang bisa mendinginkan smartphone ketika bermain game. Biasanya aplikasi tersebut berfungsi untuk memonitor suhu smartphone, mendeteksi aplikasi yang menyebabkan smartphone overheat, dan bisa dengan efektif menurunkan panas smartphone.

8. Mengganti Baterai Smartphone Secara Berkala

Baterai ponsel merupakan bagian yang paling penting dalam smartphone. Jika baterai mengalami gangguan maka smartphone tidak akan bisa digunakan dengan baik. Baterai juga akan cepat rusak jika dipakai berlebihan. Selain itu jika jarang mengganti baterai, maka smartphone juga akan menjadi cepat panas. Oleh karena itu disarankan untuk mengganti baterai secara berkala minimal setelah baterai dipakai selama 2 tahun.

Leave a Comment