manfaat minyak gosok

Manfaat Minyak Gosok Tradisional Yang Belum Banyak Diketahui

Manfaat minyak gosok tradisional kini memang semakin banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Minyak gosok memang telah digunakan dan diaplikasikan secara turun temurun pada bayi hingga orang dewasa. Sepertinya kehidupan sebagian banyak orang tidak terlepas dari minyak gosok yang selalu menemani.

Berbagai aroma serta rasa hangat yang diberikan karena pengaplikasian minyak gosok memberikan rasa nyaman dan terhindar dari berbagai penyakit seperti perut kembung, mengatasai gatal dan amsih banyak lagi. Karena manfaat minyak gosok yang cukup signifikan tersebutlah hingga kini masyarakat belum bisa lepas dari penggunaan minyak gosok.

Berbagai Jenis dan Manfaat Minyak Gosok Tradisional

Minyak gosok yang dapat menghangatkan tubuh memiliki berbagai jenis aroma yang tergantung pada bahan pembuatannya. Rasa hangat yang diciptakan minyak gosok mampu membuka pembuluh darah yang terletak di permukaan kulit sehingga rasa hangat pun muncul. Karena hal ini jugalah minyak gosok dapat meredakan berbagai rasa nyeri maupun gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga. Berikut ini adalah berbagai khasiat minyak gosok berdasarkan jenisnya:

1. Minyak Telon

minyak telon
Minyak telon merupakan minyak gosok yang berasal dari Jawa Tengah. Minyak gosok jenis ini terbuat dari kombinasi yakni minyak adas, minyak kayu putih dan minyak kelapa. Minyak ini umumnya diaplikasikan pada bayi dan balita. Manfaat dari minyak telon ialah memberikan rasa hangat yang sesuai dengan suhu bayi yang membuat bayi merasa jauh lebih tenang dan dapat mencegah terjangkitnya flu ataupun demam.

2. Minyak Kayu Putih

minyak kayu putih
Minyak kayu putih juga merupakan minyak gosok yang tidak kalah dikenal dibanding minyak telon. Minyak kayu putih dibuat dari daun serta ranting pohon kayu putih yang mengandung beragam zat yang menghangatkan dan menyehatkan seperti limonen, pinen, eukaliptol dan ester asetat. Jenis minyak gosok asal Ambon ini bermanfaat untuk meredakan perut yang kembung, membuat tubuh terasa hangat serta menghilangkan rasa nyeri.

3. Minyak Kemiri

Minyak kemiri merupakan salah satu minyak gosok alami yang dibuat dari ekstrak biji kemiri yang mengandung vitamin E, vitamin B6, antioksidan fenolat serta thiamin. Minyak kemiri sangat manjur dalam urusan menyuburkan rambut, menyembuhkan berbagai penyakit yang menyerang pernapasan serta dapat mengencangkan kulit. Pengaplikasian minyak kemiri dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya untuk menyuburkan rambut, oleskan minyak kemiri pada kulit kepala dan rambut. Sedangkan untuk mengencangkan kulit wajah tinggal oleskan saja pasa kulit wajah.

4. Minyak Tawon

Minyak tawon ternyata berasal dari Makasar yang dibuat dari berbagai bahan pilihan seperti daun lada, minyak kayu putih, jahe, kunyit, bawang dan minyak kelapa. Bau dan tekstur khas minyak tawon memiliki beragam manfaat seperti mengobati gatal akibat gigitan serangga, menghilangkan memar karena terjatuh atau terbentur benda tumpul, mengobati luka yang menganga serta dapat mengobati luka karena bisa tawon atau lebah.

5. Minyak Cengkeh

Banyak sekali jenis-jenis minyak gosok dan salah satunya adalah minyak cengkeh. Cengkeh merupakan salah satu bahan rempah yang mengandung berbagai zat yang sangat bermanfaat yaitu eugenol. Selain dapat memberi rasa hangat yang nyaman, kandungan eugenol pada minyak cengkeh ini dapat bekerja secara efektif dalam membasmi bakteri serta jamur yang menyebabkan rasa gatal atau sakit ada permukaan kulit. Selain itu, minyak cengkeh juga dangat efektif dalam meredakan sakit gigi ringan.

6. Minyak Cendana

minyak cendana
Minyak cendana merupakan minyak gosok yang berasal dari pulau Jawa dan NTT. Aroma khas cendana yang terkandung dalam minyak cendana membuat minyak gosok ini dimanfaatkan sebagai minyak aroma terapi. Selain itu, kandungan beberapa zat seperti santalen, santalol, santenon, santalon, santatal serta isovaleridahida membuat minyak gosok cendana sangat efektif dalam menghaluskan kulit. Karena kandungannya alami, minyak ini dapat diaplikasikan pada berbagai jenis kulit dan dapat bekerja secara efektif dalam menjaga kelembaban dan kehalusan kulit.

7. Minyak Gondopuro

minyak gondopuro
Minyak gondopuro dikenal pula sebagai minyak kasturi yang dapat ditemukan di berbagai wilayah Indonesia. minyak gondopuro yang memiliki aroma kuat dan rasa hangat cenderung panas dapat mengobati tulang yang terkilir, mengurangi rasa pegal dan linu serta dapat mengatasi gatal yang disebabkan oleh gigitan nyamuk atau serangga lain.

8. Minyak Lawang

Jenis minyak gosok yang terakhir ialah minyak lawang yang berasal dari kawasan Ambon dan Papua. Minyak lawang biasanya digunakan untuk memijat dan memberikan rasa hangat yang nyaman. Manfaat dari minyak gosok ini selain menghangatkan tubuh ialah mengurangi rasa nyeri akibat rematik atau keseleo.

Demikianlah penjelasan tentang berbagai jenis dan manfaat minyak gosok tradisional yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia. Terbuat dari bahan alami, minyak gosok aman digunakan dan tidak memiliki efek samping bagi kesehatan.

Bagikan artikel ini:

Leave a Comment